ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Tatong Hadiri Halal Bi Halal di Moyag

Bagikan Artikel Ini:

Wali-Kota-Kotamobagu-Tatong-Bara-Menghadiri-Halalbihalal-Desa-Moyag-bersatu

ARUSUTARA.COM, KOTAMOBAGU – Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, Rabu 20 Juli 2016, menghadiri acara Halal Bi Halal di wilayah Moyag Kecamatan Kotamobagu Timur, yang dirangkaikan dengan tradisi kuliner binarundak.

Dalam sambutannya, Tatong Bara menyampaikan, tradisi binarundak adalah perwujudan rasa persatuan dan kesatuan seluruh masyarakat Kotamobagu, khususnya di wilayah Moyag Bersatu dalam bergotong-royong. Ia juga berharap, persatuan di wilayah Moyag Bersatu dapat diaplikasikan dalam upaya mendorong program pemerintah di bidang pembangunan.

Tradisi Binarundak merupakan tradisi kuliner asli Bolaang Mongondow yang mulai digerakan warga beberapa hari usai perayaan Hari Raya Idul Fitri. Binarundak adalah masakan khas Mongondow dimana beras ketan yang dibumbui kemudian dibalut daun pisang, dimasukan ke dalam bambu lalu dibakar menggunakan sabut kelapa hingga matang. Dalam perayaan ini, setiap kelompok masyarakat memasak Binarundak di halaman rumah untuk disediakan kepada para tetamu yang datang untuk disantap bersama.

Dalam sambutan, Tatong juga berharap, tradisi Binarundak yang merupakan kegiatan berbasis kearifan lokal, mampu menjaga nuansa perdamaian dan mempersatukan kelompok-kelompok yang bertikai.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolsek Urban Kotamobagu, AKP Effendy Tubagus, pimpinan SKPD Pemkot Kotamobagu, Camat, Lurah, dan Sangadi (Kepala Desa) se-Kotamobagu Timur. (Hms/Yudi)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *