ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Sangadi Herto : Air Gratis Untuk Rakyat Sia

Bagikan Artikel Ini:

Sangadi Sia

ARUSUTARA.COM, KOTAMOBAGU – Herto Balansa, Sangadi (Kepala Desa) Desa Sia Kecamatan Kotamobagu Utara, membuat terobosan populis bagi rakytanya. Kepada awak ARUS UTARA, suami dari Feybe Rumimpunu ini, mengatakan, Dana Desa yang diterima pihaknya, lebih difokuskan pada upaya pembangunan berdasarkan prioritas kebutuhan yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh rakyat.

Oleh sebab itu, Herto yang berhasil memenangkan suksesi Pemilihan Sangadi Desa Sia, 28 Desember 2015, silam, pasca pencairan Dana Desa Tahap I belum lama ini, berangkat ke Jogjakarta menuju Kota Slemen menjemput langsung Pompa Air Hidram, kemudian membawanya ke Desa Sia.

Intalasi Air Bersih di Desa Sia

“Masyarakat Desa Sia sekarang sudah tidak perlu bersusah payah pergi ke sumber mata air di lembah gunung lalu mengangkutnya ke rumah-rumah. Sekarang sumber aer so dekat,” kata Sangadi Harto sembari berkelakar.

Bersama masyarakat, Pompa Air Hidram yang dipasang di sumber mata air pegunungan itu, dipompa ke bak penampungan yang di bangun di pemukiman warga.

Dengan demikian, masyarakat Desa Sia sudah tidak perlu lagi bersusah payah turun-naik menimba air di lembah gunung. Tetapi sudah dapat menikmati air bersih tepat di depan rumah.10157405_557614207736517_1984617723774286136_n

Selain membangun fasilitas air bersih, bersama dukungan masyarakat setempat, Sangadi Harto melakukan perintisan jalan usaha tani yang bertujuan memudahkan akses keluar-masuknya kendaraan dalam mengangkut hasil pertanian masyarakat. Selain itu, tambah Sangadi Harto, masyarakat bisa membawa kendaraan saat ke kebun karena jalan sudah ada.Sangadi Desa Sia

“Semua program ini dapat berjalan berkat dukungan masyarakat Desa Sia. Olehnya saya sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan rakyat demi pembangunan Desa Sia. Selain itu saya juga berterima kasih kepada Pemerintah Kota Kotamobagu, yang senantiasa mendukung dan memperhatikan pembangunan di desa kami,” katanya.

Sangadi SiaDijelaskan juga oleh Sangadi Harto, keistimewaan Pompa Air Hidram yang dijemputnya di Sleman Jogjakarta, pompa tersebut tidak memakai bahan bakar minyak (BBM) mapun tenaga listrik. “Ini hanya menggunakan  tenaga air itu sendiri. Jadi sangat efisien dan efektif. Tidak perlu bahan bakar minyak atau listrik,” terangnya. (Yudi)

BERITA TERKAIT : Desa Sia’ Siap Jadi Pilot Project Sanitasi Berbasis Masyarakat

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *