bener koran TAHUN INVESTASI ok (1) - Copy banner-kpu
ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Bupati Bolmong Pimpin Rakor Bahas Ragam Persoalan di Daerah

Bagikan Artikel Ini:

foto Bupati saat memimpin rapat koordinasi forkopimda dan Forkopimcam - Copy

ARUSUTARA.COM, BOLMONG – Kamis 1 September 2016, Badan Kesatuan Bangsa dan Linmas Kabupaten Bolaang Mongondow (Kesbangpol Bolmong), menggelar rapat koordinasi bersama Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) dan Forkopimcam (Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan), berlangsung di ruang rapat Asisten II Bidang Administrasi Umum Sekretariat Kantor Bupati Bolmong.

Rakor tersebut membahas tentang stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat untuk tetap dijaga. Penjabat Bupati Bolmong, Adrianus Nixon Watung,  Dandim 1303, Kapolres Bolmong, Ketua pengadilan Negeri Kotamobagu, Kepala Kejaksaan Negeri Kotamobagu, Ketua DPRD Kab. Bolmong, Sekretaris Daerah, Kepala BNNK Bolmong, para pejabat teras di Pemkab Bolmong, Kapolsek, Danramil dan Camat se-Kabupaten Bolmong, hadir dalam rapat tersebut.

Pada kesempatan sambutan, Nixon  Watung, menyampaikan rakor yang diselenggarakan itu penting  karena membahas beberapa permasalahan yang telah dan sedang terjadi di Bolmong, antara lain, tentang penyalahgunaan Narkoba dan zat berbahaya di kalangan remaja khususnya anak usia sekolah, antisipasi penyebaran paham ISIS dan radikalisme agama, dan sebagainya.

Keberadaan investor yang telah menanamkan investasinya di Bolmong, ikut disentil. Watung juga menghimbau agar peran Forkopimda dan tim terpadu dapat lebih optimal dalam melakukan penanganan konflik sosial, serta merumuskan langkah-langkah strategis terkait persoalan yang sedang berkembang di masyarakat.

“Peran serta seluruh elemen masyarakat melalui tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh wanita, ormas dan lembaga swadaya masyarakat juga perlu ditingkatkan,” kata Nixon.

Ia juga menyinggung soal keberadaan forum yang dinilai strategis dalam menjalin kemitraan antar masyarakat di daerah. Di antaranya Forum Kerukunan Umat Beragama, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat dan Forum Pembauran Kebangsaan dalam mengantisipasi potensi konflik di tengah masyarakat.

“Perlu juga meningkatkan kepekaan sosial melalui upaya deteksi dini, antisipasi dini dan cegah dini serta melaksanakan koordinasi yang intensif, antara pemerintah daerah dengan aparat keamanan serta unsur terkait guna mencegah terjadinya konflik di daerah, melaksanakan patroli terpadu bersama aparat keamanan di daerah rawan konflik, dan mengantisipasi kamtibmas menjelang pelaksanaan Pilkada tahun 2017,” urai Nixon.

Semua persoalan di atas menjadi pembahasan dalam rakor tersebut. Nixon berharap, semua elemen yang ada dapat memberikan sumbangsihnya sehingga ragam permasalahan yang dibahas, dapat diatasi bersama. (Hms/Yudi)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *