ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Jainuddin : Berkas Pembentukan Provinsi BMR Lengkap dan Berpeluang

Bagikan Artikel Ini:

Jainuddin Damopolii

ARUSUTARA.COM, KOTAMOBAGU – Menghadiri pertemuan dengan Direktur Jendral Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri)  DR. Sonni Sumarsono kemarin, Wakil Walikota Kotamobagu, Jainuddin Damopolii, bersama rombongan Panitia Pemekaran Provinsi Bolaang Mongondow Raya (P-BMR), membahas beberapa poin terkait perkembangan soal pembentukan Propvinsi Bolaang Mongondow raya (PBMR).

Jainuddin Damopolii saat dihubungi menyampaikan, berdasarkan kajian Dirjen Otda P-BMR persyaratan pembentukan Provinsi BMR telah terpenuhi. “Seluruh berkas usulan pembentukan provinsi telah memenuhi persyaratan, dan PBMR masuk dalam kriteria berbatasan dengan negara lain, sebab BMR masuk dalam provinsi Sulut yang berbatasan dengan Filipina,” kata Jainuddin, Kamis, 29 September 2016.

Ia menambahkan, dengan pertimbangan itu, semoga PBMR akan terakomodir dalam Peraturan Pemerintah. Dikatakan bahwa saat ini sudah berkisaran 95 persen dirampungkan oleh pemerintah.

Dijelaskan lagi oleh Jainuddin, dalam penjelasan Dirjen Otda, jika Pemerintah Pusat harus menetapkan daerah mana yang akan dimekarkan, maka P-BMR termasuk didalamnya. “Sebab persyaratan telah dipenuhi, dan dalam pernyataan Wakil Ketua Komite I DPD RI, sudah menyatakan kalau PBMR sudah ama,” kata Jainuddin.

Menurutnya, itu berarti peluang terbentunya PBMR lewat DPD RI dan Dirjen Otda, sudah terbuka lebar. Namun ada satu proses lagi yaitu lewat DPR RI. (Yudi)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *