bener koran TAHUN INVESTASI ok (1) - Copy banner-kpu
ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Bakal Calon Sangadi Tak Lulus, Modayag dan Atoga Kacau

Bagikan Artikel Ini:

demo-sangadi

ARUSUTARA.COM, BOLTIM – Rabu 26 Oktober 2016, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) tepatnya di 2 wilayah desa masing-masing desa Modayag dan Atoga Timur, memanas.

Pemicunya adalah, masyarakat tidak terima bakal calon Kepala Desa (Sangadi) yang mereka jagokan di desa masing-masing,  oleh pihak Pantia Pemilihan Sangadi di Kabupaten, tidak lulus setelah mengikuti tes sebagaimana prasyarat atau mekanisme yang berlaku sebelum ditetapkan sebagai calon Sangadi.

Masyarakat yang tidak terima ini menuding, pantia berlaku tak adil karena ditengarai ada muatan dan sentimen politik dari sisa-sisa perseteruan akibat beda pilihan di Pilkada Bupati Boltim 2015 silam.

Karena kecewa bakal calon Sangadi yang mereka jagokan tidak lulus tes dan tidak ditetapkan sebagai calon Sangadi oleh pantia, sekelompok warga desa  Modayag dan Atoga Timur, melakukan aksi pemblokiran jalan.

Akibatnya akses jalan dari dan ke Boltim, tak bisa dilalui. Warga memblokade jalan menggunakan pagar, drum yang ditumpuk-tumpuk, ban kendaraan yang dibakar, dan benda-benda lainnya yang membuat kendaraan tak bisa lewat.

Tak hanya memblokir jalan, sekelompok warga Modayag yang melakukan aksi itu, ikut menyegel Kantor Desa setempat. Pintu kantor itu diberi plang kayu kemudian dipaku dan diberi tulisan; “TIDAK ADA PILSANG, BRANI BUKA MATI!”.  

Namun kekacauan itu akhirnya dapat teratasi setelah pihak kepolisian datang mengamankan. Blokade jalan yang dilakukan warga segera dibersihkan aparat kepolisian Polres Bolmong bersama Polsek setempat. Polisi lantas mulai berjaga-jaga disitu sehingga akses dari dan ke Boltim sudah bisa dilalui lagi.

Usai mengembalikan situasi desa kembali kondusif, aparat keamanan standby berjaga-jaga di dua desa tersebut untuk mencegah adanya tindakan susulan dari warga. (Kon/Tim/Ars)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *