ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Tahun 2017 Pembangunan RTLH Ditargetkan 100 Persen

Bagikan Artikel Ini:

rumah2

ARUSUTARA.COM, KOTAMOBAGU – Tahun 2017, Pemerintah Kotamobagu (Pemkot) melalui Sekretaris Kota (Sekkot) mengatakan, tahun 2017 mendatang, Pemkot akan membangun RTLH bagi masyarakat kurang mampu, dengan target pada tahun itu semuanya sudah rampung terbangun.

“Mulai dari anggaran, sampai pembangunan RTLH Pemkotlah yang akan menanggung. Jadi, tidak lagi seperti tahun sebelumnya, dimana masyarakat membangun secara swadaya. Masyarakat tinggal menerima kunci rumah,”kata Tahlis Gallang, Kamis,24 November 2016.

Untuk jumlah anggarannya jelas Tahlis aka nada penambahan, jika tahun 2016 perorang menerima Rp 15 juta, tahun 2017 per- rumahnya sekitar Rp 25 juta, dengan catatan rumah yang akan dibangun harus diatas tanah pribadi masyarakat.

“Anggaran pembangunannya naik, sekitar Rp 25 juta. Namun, harus dibanguna diatas tanah pribadi masyarakat,”jelasnya.

Ditempat terpisah Kepala Dinas Sosial, Haris Podomi membenarkan rencana tersebut, dan saat ini tengah dalam pembahasan bersama DPRD Kotamobagu.

“Benar apa yang disampaikan oleh Pak Sekda, Pemkot memandang perlu rencana pembangunan secara total, yang ditanggulangi langsung oleh Pemerintah. Ini untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Jumlah penerimannya masih sama yaitu 50 masyarakat, sesuai dengan criteria miskin. Rencana ini sudah kami masukan dalam usulan APBD 2017 tinggal menunggu persetujuan pihak DPRD Kotamobagu,” terang Haris.

Diketahui program RTLH mulai dirasakan masyarakat Kotamobagu sejak 2012, yang hingga saat ini criteria penerimanya berdasarkan catatan dari Dinsos Kotamobagu makin meningkat. Hal ini dikarenakan, makin sulitnya mencari dengan criteria miskin yakni rumah dengan dinding terbuat dari bambu, lantai tanah,tiang rumah terbuat dari kayu, dan atap rumah yang tidak permanen. (yudi) 

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *