bener koran TAHUN INVESTASI ok (1) - Copy banner-kpu
ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Dinkes : Hati-Hati Bahan Makanan Mengandung Boraks

Bagikan Artikel Ini:

mie

ARUUTARA.COM, KOTAMOBAGU – Setelah kasus penemuan zat kimia berbahaya yakni Borax di lokasi usaha penjualan Mie basah di pasar 23 Maret Kotamobagu beberapa waktu lalu, Dinkes Kotamobagu berencana akan melakukan sidak di sejumlah pasar dan rumah makan.

Ahmad Yani selakuS ekretaris Dinkes Kotamobagu saat ditemui awak media, Rabu, 14 Desember 2016, mengatakan, pihaknya akan menggelar operasi pasar lintas sektor di sejumlah pasar dan sektor usaha lainnya.

Dikatakan Ahmad Yani, ini juga dilakukan dalam rangka menjelang hari Natal. “Apalagi ini menjelang Natal. Kita tidak ingin ada konsumen dirugikan akibat pelaku usaha yang memakai bahan kimia berbahaya sebagai pengawet bahan olahan yang dijual,” kata Ahmad Yani.

“Pedagang atau pelaku usaha yang kedapatan menggunakan zat kimia berbahaya akan mendapat sanksi berupa penutupan tempat usaha,” tandasnya.

Terkait ditemukannya zat kimia mengandung Borax di salah satu tempat usaha milik warga di Pasar 23 Maret, Ahmad Yani mengatakan kalau tempat usaha itu sudah mendapatkan sanksi. ia menerangkan, berdasarkan penuturan penjual yang kedapatan mencampur bahan kimia berbahaya sebagai pengawet, dikatakan kalau mereka hanya menggunakan obat untuk mengawetkan Mie dan tidak mengetahui  persisi kalau bahan kimia tersebut mengandung Borax.

Dikatakan lebih lanjut, Borax merupakan zat kimia berbahaya ketika dikonsumsi. “Memang dampaknya belum dirasakan secara langsung, namun zat tersebut akan terakumulasi dalam tubuh manusia, sehingga 10 tahun mendatang akan menyebabkan kanker,” kata Ahmad Yani. (Yudi)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *