ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Gaji Naik, Tugas Pekerja Kebersihan Juga Naik

Bagikan Artikel Ini:


ARUSUTARA.COM
, KOTAMOBAGU –
  Jam kerja honorer atau Petugas Kebersihan di Kotamobagu, disesuaikan dengan jam kerja ASN (Aparatur Sipil Negara) di Badan Lingkungan Hidup Pemerintah Kotamobagu (BLH Kotamobagu). 

Hal ini disampaikan Alex Saranaung, Kepala BLH Kotamobagu, kepada awak media, Senin 09 Januari 2017. Dikatakan Alex, hal ini ditempuh berdasarkan kenaikan upah yang sudah ditetapkan Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, terhitung mulai Januari 2017.

“Ini adalah penyesuaian jam kerja, bukan penambahan jam. Artinya jam kerja para petugas kebersihan di Kotamobagu, disesuaikan atau mengikuti jam kerja ASN di Kotamobagu. Ini juga dilakukan karena ada kenaikan upah bagi mereka,” urai Alex.

Ditambahkannya, kebijakan Tatong Bara selaku Wali Kota terkait kenaikan upah para petugas kebersihan, dilakukan sebagai bentuk apresiasi sekaligus untuk peningkatan standar biaya hidup mereka. 

Alex menuturkan, jika sebelumnya petugas kebersihan yakni tukang sapu biasanya bekerja melakukan tugasnya, 2 kali dalam sehari, maka mulai januari ini menjadi 3 kali sehari. Selanjutnya untuk pengangkut sampah yang biasanya 1 kali saja melakukan pengangkutan dalam sehari, mulai sekarang menjadi 3 kali sehari.

Alex juga menjelaskan, disamping ada kenaikan upah bagi petugas kebersihan, Wali Kota menginginkan, kondisi Kotamobagu selalu dalam keadaan bersih setiap jamnya.

Untuk diketahui, jika pada tahun 2016, upah bagi tukang sapu dan pengangkut sampah masing-masing Rp 1 Juta per orang, maka pada tahun 2017, Pemerintah Kotamobagu menaikan upah mereka menjadi Rp 2 Juta per bulan atau naik 100 persen. Selanjutnya untuk sopir  truk sampah, jika tahun sebelumnya Rp 1,2 juta, kini menjadi Rp 2,2 Juta per bulan.

Saat ini komposisi petugas kebersihan di Kotamobagu, untuk tukang sapu berjumlah 110 orang, pengangkut sampah 68 orang,  dan sopir truk 31 orang. (Yudi)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *