ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Pemkot Siap Fasilitasi Produk Home Industri Terkait Label Halal

Bagikan Artikel Ini:

ARUSUTARA.COM, KOTAMOBAGU – Dinas Perindsutrian, dan Tenaga Kerja Pemerintah Kotamobagu ((Disperindagker Pemkot Kotamobagu), berencana melanjutkan pemberian sertifikat Halal kepada para pelaku industri, khususnya Produk Industri Rumah Tangga (PIRT).

Hal ini dikatakan Kepala Disperindagker, Hidayat Mokoginta, belum lama ini kepada awak media. “Pemberian sertifikat halal bagi pelaku industri tetap kita lanjutkan, hal ini untuk mendukung perkembangan industri rumahan di Kotamobagu. Saat ini sertifikat halal menjadi salah satu pertimbangan bagi suatu produk agar bisa masuk di supermarket, ataupun minimarket,” kata Mokoginta. Selasa, 21 febuari 2017.

Disampaikannya, Pemkot siap memfasilitasinya, namun yang berwenang melakukan penelitian adalah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Manado, dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Pemkot dalam hal ini hanya memfasilitasi, namun yang akan melakukan penelitian adalah BPOM Manado, dan MUI. BPOM yang akan memeriksa kandungan yang terkandung dalam produk, sedangkan MUI akan memeriksa bahan-bahan yang digunakan produk tersebut,” jelasnya.

Lebih lanjut Hidayat mengungkapkan, pemberian sertifikat halal  pada suatu produk lebih pada jaminan kehigienisan produk yang ada “Dengan adanya logo halal pada produk, itu artinya produk yang beredar aman untuk dikonsumsi, serta higienis,” ungkapnya.

Ditambahkannya, jumlah PIRT yang ada di Kotamobagu saat ini terus didata. Dia juga menghimbau bagi pelaku industri rumahan agar dapat melaporkan, atau bila berkeinginan produknya di sertifikasi halal, silahkan melapor.

“Jumlah PIRT masih didata untuk memastikan yang masih aktif, adapun industri rumahan yang ingin produknya disertifikasi silahkan datang ke kantor, nanti akan kami jelaskan tahapannya,” himbau Hidayat. (Yudi)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *