ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Sambut Tahun Investasi, Pemkot Berikan Dispensasi Bagi UKM

Bagikan Artikel Ini:

ARUSUTARA.COM, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota Kotamobagu melalui Dinas Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPTSP), memberikan dispensasi untuk pengurusan izin bagi para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang baru merintis usahanya. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kotamobagu, Noval Manoppo, Senin, 6 febuari 2017.

Disampaikannya, dispensasi ini diberlakukan dalam rangka tahun investasi yang dicanangkan pemerintah Kota Kotamobagu, dan rencananya akan berjalan selama 5 bulan, terhitung sejak bulan Januari hingga bulan Mei tahun 2017.

“Dalam rangka tahun investasi, kita buat terobosan baru di awal tahun. Kami berikan dispensasi bagi pelaku usaha baru untuk memulai usahanya tanpa harus mengurus izin,” kata Manoppo.

Dijelaskannya, pemberian dispensasi ini hanya berlaku bagi para pelaku UKM. “Biasanya, ada warga di Kelurahan atau Desa yang ingin mendirikan usaha, misalnyanya jual pulsa, warung, dan bisa bertahan dalam jangka waktu lama, namun ada juga yang hanya hitungan bulan sudah tutup. Sehingga kita biarkan dulu mereka memulai, nanti setelah sudah berkembang, baru kita wajibkan untuk mengurus izin,” jelasnya.

Dia juga mengungkapkan, pemberian dispensasi ini juga dalam rangka menyambut HUT Kotamobagu pada bulan Mei nanti. “Di samping tahun investasi, bulan Mei nanti HUT Kotamobagu, program ini bagian dari perayaan HUT nanti,” ungkap Manoppo.

Menurutnya, mulai Januari 2017, jumlah pengurusan izin sudah mencapai angka ratusan. “Jumlahnya mencapai 650 pelaku usaha yang mengurus izin, untuk Februari sampai dengan jumat kemarin ada 28 pelaku usaha. Jika melihat trend dari tahun ke tahun, pengurusan izin di Kotamobagu mengalami peningkatan. Peningkatan ini tentunya menunjukkan perekonomian di Kotamobagu kian membaik,” pungkas Noval. (Yudi)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *