bener koran TAHUN INVESTASI ok (1) - Copy
ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Santunan Jasaraharja Akan Naik 100 Persen

Bagikan Artikel Ini:

ARUSUTARA.COM, KOTAMOBAGU – PT.Jasaraharja akan menaikan santunan bagi korban kecelakaan lalu lintas di seluruh Indonesia sebesar 100 persen atau naik 2 kali lipat.  Kebijakan ini akan diberlakukan mulai  1 Juli 2017 mendatang.

Dikatakan Eka Manengkey, Bagian Pelayanan Klaim PT jasaraharja Kotamobagu, hal tersebut ditempuh sesuai aturan yang dikeluarkan Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, pada Senin, 13 Febuari 2017, yang  tercantum pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 15/PMK.010/2017 tentang Besar Santunan dan Iuran Wajib Dana Pertanggunan Wajib Kecelakaan Penumpang Alat Angkutan Penumpang Umum di Darat, Sungai/Danau, Feri/Penyeberangan, Laut dan Udara.

Aturan ini juga tercantum dalam PMK Nomor 16/PMK.010/2017 tentang Besar Santunan dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

”Dengan adanya keputusan tersebut, maka santunan dipastikan memang akan naik,” kata Eka Mamangkey saat ditemui awak media di ruang kerjanya.

Berdasarkan keputusan tersebut, adapun besaran santunan sesuai PMK Nomor 15/PMK.010/2017, yang Meninggal Dunia dari Rp 25 Juta menjadi Rp. 50 Juta. Cacat tetap (berdasarkan presentase tertentu, maksimal) dari Rp 25 Juta menjadi Rp 50 Juta.  Biaya perawatan luka-luka Rp 10 Juta naik menjadi Rp 20 juta. Biaya penguburan (jika tidak ada ahli waris) Rp 2 Juta menjadi Rp 4 Juta. Pergantian biaya P3K Rp 1 juta dan biaya ambulans Rp 500 ribu tidak ada kenaikan. Itu santunan bagi korban kecelakaan lalu-lintas darat/jalan.

Sedangkan untuk angkutan udara, tidak mengalami perubahan yaitu korban meninggal dunia Rp50 juta, cacat tetap Rp 50 juta, dan biaya perawatan 25 Juta. (Yudi).

 

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *