bener koran TAHUN INVESTASI ok (1) - Copy banner-kpu
ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Dana BOS Akan Segera Cair Bulan Ini

Bagikan Artikel Ini:

ARUSUTARA.COM, KOTAMOBAGU – Kamis 09 Maret 2017, Dinas Pendidikan Pemerintah Kota Kotamobagu (Diknas Kotamobagu), menggelar kegiatan Sosialisasi Petunjuk Teknis (Juknis) Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2017.

Sosialisasi berlangsung di Aula SDN 1 Kopandakan Kecamatan Kotamobagu Selatan – Kota Kotamobagu. Salah satu tujuan dilaksanaknnya kegiatan ini adalah dalam rangka meningkatkan upaya pengelolaan dana BOS dengan lebih tepat. Peserta sosialisasi adalah  para Kepala Sekolah baik negeri maupun swasta se-Kotamobagu.

Kabid Pendidikan Dasar dan menengah DIknas Kotamobagu, Rastono, kepada media mengatakan, salah satu yang ditekankan dalam sosialisasi Juknis Dana BOS adalah soal  pengadaan buku pelajaran. Rastono menjelaskan, dalam Juknis, ditetapkan presentase sebesar 20 % dari Dana BOS yang diperbolehkan untuk pengadaan buku pelajaran bagi siswa maupun guru. “Kurikulum yang digunakan bisa  menggunakan kurikulum K13 maupun kurikulum tahun 2006,” kata Rastono.

Ia menyarankan, memasuki ajaran baru buku yang diadakan itu sebaiknya sudah terpenuhi untuk kebutuhan siswa di sekolah.

Diakui Rastono, dana BOS sendiri mengalami keterlambatan penyaluran. menurutnya, hal ini terjadi karena pihaknya baru saja mengantongi Juknis yang diedarkan pemerintah pusat. “Ini juga dikarenakan penetapan alokasi anggaran itu datang dari pemerintah pusat ke provinsi,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, mekanisme pencairan dana BOS  akan ditransfer langsung ke kas daerah. Selanjutnya paling lambat pekan depan di bulan Maret ini, pihak sekolah sudah bisa mencairkannya. (Yudi)

 
Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *