bener koran TAHUN INVESTASI ok (1) - Copy banner-kpu
ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Pjs Bupati Bolmong Hadiri Rakornis Program TNI Manunggal Membangun Desa

Bagikan Artikel Ini:


ARUSUTARA.COM
, BOLMONG – Penjabat Sementara Bupati Bolaang Mongondow (Pjs Bupati Bolmong), Adrianus Watung, Kamis 09 Maret 2017, menghadiri Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TNI  Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-98 Tahun Anggaran 2017, yang diselenggarakan di Auditorium  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jakarta.

Rakornis dibuka oleh Menteri  PUPR Basuki Hadimuljono  dan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono. “TMMD mulai 2017 hingga ke depan, akan dilaksanakan tiap 3 kali setahun. Sebelumnya TMMD dilaksanakan 2 kali setahun. Jika dulu waktu kerjanya di lapangan 21 hari, maka mulai tahun 2017 ini ditambah 9 hari sehingga menjadi 30 hari,” kata Mulyono, sebagaimana disampaikan Humas Pemkab Bolmong, kepada ARUSUTARA.COM.

Penambahan waktu TMMD ini, lanjut Mulyono, bertolak dari besarnya keinginan desa untuk meningkatkan pembangunan di daerahnya.  “Melalui  pelaksanaan TMMD 3 kali dalam setahun, diharapkan desa yang membutuhkan pembangunan sarana dan prasarana semakin terpenuhi,” ujarnya.

Dijelaskan Mulyono, sasaran pembagunan fisik dan non-fisik dilakukan pula supaya dapat memberikan manfaat dan dorongan kepada masyarakat untuk tetap melestarikan semangat gotong royong. “Terutama di desa terpencil, pinggiran , dan terluar. Ini juga dalam rangka mendukung Nawacita Jokowi-JK,” katanya.

Rakornis TMMD ke-98 mengusung tema yang cukup panjang, yakni; “Dengan Semangat Kemanunggalan, Kita Tingkatkan Sinergitas Lintas Komponen Bangsa Dalam Rangka Membangun Daerah dan Desa untuk Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

TMMD merupakan program terpadu lintas sektor antara TNI dengan Kementerian atau lembaga baik pemerintah maupun non-pemerintah, yang dilaksanakan bersama masyarakat. Tujuannya untuk meningkatkan akselerasi pembangunan pedesaan khususnya di daerah tertinggal, terisolasi, perbatasan, daerah kumuh perkotaan, serta daerah rawan atau terdampak bencana.

Selain dengan Kementerian  PUPR, program TMMD juga kerjasamakan dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi dan Kabupaten/Kota, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Provinsi serta Pemerintah Daerah/Pemerintah Kabupaten/Kota.

Sementara itu Penjabat Bupati Bolmong, Adrianus Nixon Watung, menyampaikan kepada media, pemerintah daerah siap mendukung program TMMD dengan terus bersinergi dengan instansi teknis dan jajaran TNI, “Dengan demikian, program-program pemerintah pusat bisa berjalan optimal sampai di daerah  dalam rangka peningkatan kesejahteraan rakyat terutama di sektor pembagunan infrastruktur pedesaan,” kata Nixon.

Turut Hadir dalam Rakor tersebut, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, dan Dandim 1303 Bolmong Letkol Inf. Sampang Sihotang. (Hms/Yudi)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *