bener koran TAHUN INVESTASI ok (1) - Copy banner-kpu
ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Rp 5,9 Miliar Wajib Disiapkan Pemkot Untuk Petugas Kebersihan

Bagikan Artikel Ini:
Salah satu petugas kebersihan nampak sedang menyapu di ruas jalan Diponegoro – Biga

ARUSUTARA.COM, KOTAMOBAGU – Setelah upah petugas kebersihan dinaikan oleh pemerintah Kota Kotamobagu, dalam sehari para petugas ini dituntut menambah jam kerja atau tugas yang diberikan. 

Jika sebelum kenaikan upah, mereka bekerja 1 kali sehari, contohnya bagi tukang sapu, kini setelah upah mereka dinaikan 100 persen oleh Wali Kota Kotamobagu, jadwal tugas para tukang sapu sudah menjadi 3 kali sehari. Artinya, mereka mulai menjalankan tugas sejak pagi hari kira-kira mulai pukul 06:00 waktu setempat, dimana mereka mulai menyapu tepi jalan, selanjutnya pada siang hari, dan sore hari.

Kenaikan upah bagi petugas kebersihan sendiri, dikatakan Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, beberapa waktu lalu, setelah Pemkot melihat kondisi keuangan yang ada. Dan ketika itu memungkinkan, Wali Kota akhirnya menaikan upah mereka sebesar 100 persen dari upah sebelumnya.

Dikatakan Tatong Bara, ini dilakukan demi memperhatikan kinerja mereka dalam menjaga kebersihan kota, sekaligus sebagai upaya untuk mengurangi beban mereka dalam membiayai hidup. Tatong juga menyampaikan bahwa para petugas kebersihan adalah panglima dan ujung tombak pemerintah dalam menjaga kebersihan kota.

Diketahui pada tahun 2016, upah bagi tukang sapu dan pengangkut sampah masing-masing Rp 1 Juta per orang, maka pada tahun 2017, Pemerintah Kotamobagu menaikan upah mereka menjadi Rp 2 Juta per bulan atau naik 100 persen. Selanjutnya untuk sopir  truk sampah, jika tahun sebelumnya Rp 1,2 juta, kini menjadi Rp 2,2 Juta per bulan.

Saat ini komposisi petugas kebersihan di Kotamobagu, untuk tukang sapu berjumlah 110 orang, pengangkut sampah 68 orang,  dan sopir truk 31 orang.

Berdasarkan komposisi tersebut, maka Pemkot harus membayar Rp 220 Juta per bulan bagi 110 orang tukang sapu, Rp 136 Juta per bulan bagi pengangkut sampah, dan Rp 68,2 Juta bagi sopir truk sampah.  Total per bulan yang harus dibayarkan pemkot adalah Rp 424,2 Juta, atau Rp 5,9 Miliar per tahun ditanggung Pemkot untuk petugas kebersihan di Kotamobagu. (Uwin)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *