bener koran TAHUN INVESTASI ok (1) - Copy banner-kpu
ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Demonstran Tuntut DPRD dan Pemkot Dukung Penuntasan Kasus e-KTP

Bagikan Artikel Ini:

ARUSUTARA.COM,KOTAMOBAGU – Senin 03 April 2017, Kantor DPRD Kotamobagu diserbu gelombang demonstran APMBM (Aliansi Pergerakan Mahasiswa Bolaang Mongondow Raya), yang merupakan gabungan 3 organisasi pergerakan yakni PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia), HMI (Himpunan Mahasiswa Islam), dan IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) dari Kotamobagu dan Bolmong Raya.

Mereka menuntut agar DPRD Kotamobagu dan Pemerintah Kota menyatakan sikap secara resmi dalam mendukung KPK terkait penuntasan kasus e-KTP.

Aksi ini berujung ricuh. Berdasarkan pantauan, para demonstran kecewa karena saat mereka tiba di kantor DPRD Kotamobagu, tak satupun dari 25 anggota DPRD Kotamobagu yang menemui mereka. Merasa dicueki, satu demi satu demonstran mulai terlihat emosi. Mereka berorasi sembari mengumpat para anggota dewan yang belum juga muncul menemui mereka.

Tak berselang lama, datang salah seorang anggota dewan menemui demosntran. Dia adalah Herry Frangky Coloay. Merasa hanya 1 dari 25 anggota dewan yang mau menemui mereka, emosi demonstran memuncak. Apalagi empat hari sebelumnya, tepatnya Kamis 30 Maret 2017, gelombang demosntran ini juga mendatangi Kantor DPRD Kotamobagu. Namun tak ada satupun juga anggota dewan menemui mereka karena diketahui para wakil rakyat ini sedang mengikuti agenda Legislative SUlutGo Expo di Manado.

Merasa kecewa untuk kedua-kalinya, amarah demonstran kian memuncak. Alhasil mereka berbondong-bondong memasuki ruang sidang yang nampak kosong, kemudian melampiaskan kemarahan mereka dengan cara mengobrak-abrik meja dan kursi di ruang sidang hingga rusak.

Ketika aksi mulai tak terkendali, muncul Ahmad Sabir (Ketua DPRD Kotamobagu) dan Agus Suprijanta (Anggota), bermaksud menenangkan para demonstran. Lambat laun suasana mulai dapat teratasi. Apalagi ketika Polisi datang kemudian melakukan pengamanan. Beberapa demonstran bahkan dibawa ke kantor polisi untuk dimintai keterangan.

Sebelumnya, saat suasana masih ricuh, Ahmad Sabir yang berhasil menenangkan demonstran, mengatakan kalau prinsipnya mereka termasuk secara kelembagaan mendukung kerja-kerja KPK dalam penuntasan kasus korupsi di Indonesia. Di hadapan demosntran, ia menegaskan bahwa dirinya selaku ketua DPRD Kotamobagu, bahkan secara kelembagaan tentu mendukung penuntasan kasus korupsi oleh KPK.

“Jangankan kasus e-KTP, semua kasus korupsi di negeri ini pasti akan kami dukung untuk diusut dan dituntaskan,” tegas Ahmad Sabir. (Yudi/Kont/Uwn)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *