bener koran TAHUN INVESTASI ok (1) - Copy
ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Festival Teluk Tomini Resmi Digelar

Bagikan Artikel Ini:
Wabup Bolsel, Iskandar Kamaru (memakai peci, di disampingi Istri), berpose dengan para divers pada acara Festival Teluk Tomini ke-IV

ARUSUTARA.COM Molibagu, BOLSEL – Festival Teluk Tomini (FTT) resmi dibuka, Kamis 20 April 2017, pukul 16:00 WITA. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Daniel Mewengkang, hadir mewakili Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, membuka acara tersebut.

Daniel selaku kadis Pariwisata Pemprov Sulut, menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap Pemkab Bolsel terkait pelaksanaan FTT. Menurutnya, sektor pariwisata di daerah memang harus digali, diberdayakan, dan dikembangkan. Karena sektor pariwisata, apalagi berbasis masyarakat lokal, dapat menciptakan peluang usaha sehingga berkontribusi terhadap pendapatan dan terbukanya lapangan kerja.

Pembukaan FTT yang berlangsung meriah itu, bertempat di sepanjang Jalan Boulevard, Desa Sondana Kecamatan Bolaang Uki, Molibagu – Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

FTT adalah agenda tahunan yang diselenggarakan Pemkab Bolsel. Salah satu tujuan diselenggarakannya agenda ini, untuk menghidupkan kunjungan wisata ke Bolsel.

Pada kesempatan sambutan, Wakil Bupati Bolsel, Iskandar Kamaru menyampaikan, FTT kali ini adalah FTT ke-IV yang diselenggarakan Pemkab Bolsel. Mengambil lokasi di sepanjang pesisir pantai Sondana, atau di Boulevard Bolsel.

“Bolsel akan dijadikan sebagai rumah bersama. Iven FTT adalah milik kita, semoga kegiatan ini akan berjalan lancar sesuai yang kita harapkan,” katanya.

Ia menambahkan,  FTT kali ini akan memecahkan Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk foto bawah laut. Dalam FTT, ada 84 divers (penyelam) Nasional dan 12 divers dari luar negeri yakni penyelam asal Malaysia, Singapore, dan Australi yang turut terlibat. Para penyelam ini akan mengikuti lomba foto bawah air (underwater).

Ketua Panitia FTT, Johan Van Gobel, yang diketahui menjabat pula sebagai Asisten II Pemkab Bolsel, turut tampil di panggung kehormatan, membacakan laporan panitia.

Setelah FTT resmi dibuka, ragam tarian tradisional ditampilkan, mulai dari  Tar Moposabe dan Mopotiro  dari Bolsel, tari Dana-dana dari Kotamobagu, Tari Baikeke dari Bolango, termasuk penambilan tari Kabasaran dari Minahasa, dan ragam tarian dari luar daerah.

Komunitas Motor Klasik termasuk Club Vespa dari berbagai daerah ikut tampil memamerkan kendaraan klasiknya. Dalam arena FTT, terdapat juga Wall Climbing yang sengaja disediakan pihak FPTI Sulut dan FPTI Bolsel. Beberapa stand dari instansi pemerintah, pihak sponsor, bahkan LSM lingkungan seperti WCS-IP (Wildlife Conservation Society – Indonesian Program) region Sulawesi, ikut mendirikan stand.

Acara ini turut dihadiri Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, Asisten I Kabupaten Bone Bolango – Provinsi Gorontalo, Penjabat Bupati Bolmong, Adrianus Nikxon Watung, Sekkot Kotamobagu, Tahlis Galang, Wakil Bupati Bolmut, dan turut terpantau Wakil Bupati Boltim Rusdi Gumalangit meski datang terlambat.

Menarik perhatian, ketika  Wakil Bupati Boltim memasuki arena FTT dengan kendaraan bernopol DB 2 N, beberapa masyarakat asal Kotamobagu, Bolmong, dan Boltim, yang sengaja datang menonton pembukaan FTT, tiba-tiba mengerubungi mobil Wabup Boltim. Mereka berseru; “Papa Keken, Papa Keken,” sapa mereka kepada Wabup Boltim, Rusdi Gumalangit (Keken adalah anak pertama Wabup Boltim). Rusdi Gumalangit lantas menyuruh sopir menghentikan kendaraan. Masyarakat yang menyapanya lantas terlibat pembicaraan hangat melalui jendela mobil. Tak lama kemudian mobil berjalan kembali setelah Wabup Boltim memberikan beberapa lembar uang kepada masyarakat yang menyapanya. “Sukur moanto’ Pak Wabup, sukur moanto’ Papa Keken, (terima kasih Pak Wabup),” seru mereka dengan gembira. Diketahui, penutupan FTT akan dilaksanakan pada, Minggu 23 April 2017.(Uwn/Db)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *