ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Penjabat Bupati Buka Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa

Bagikan Artikel Ini:

ARUSUTARA.COM, BOLMONG – Rabu 05 April 2017, Penjabat Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Adrianus Nixon Watung, mewakili Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke -98 Tahun 2017.

Kegiatan tersebut berlangsung di Lapangan Desa Bilalang Kecamatan Bilalang. Upacara pembukaan  diawali pejemputan secara Adat Mongondow, kepada Pangdam XII/Merdeka, Mayor Jendral TNI Ganip Warsito, MM. Kegiatan  TMMD tersebit diberi tajuk; Dengan Semangat Kemanunggalan TNI dan Rakyat, Kita Percepat Pembangunan di Daerah  Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dalam Rangka Menjaga Keutuhan Wilayah NKRI.

Pada kesempatan pidato, Penjabat Bupati Bolmong, membacakan sambutan Gubernur  Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, yang pada pokoknya menyampaikan penghargaan  kepada TNI yang telah  berkerja keras memprakarsai kegiatan yang bernilai penting dan strategis.

Disampaikan pula dalam pidato, TNI sebagai alat pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia, bertugas melaksanakan kebijakan pertahanan negara untuk menegakan kedaultan negara, mempertahankan kutuhan wilayah, dan melindungi keselamatan bangsa,  serta ikut secara aktif dalam tugas pemeliharaan perdamaian regional dan internasional.

“Selanjutnya, dalam menjalankan tugas yang diemban TNI senantiasa bersama rakyat dan pemerintah untuk bersatu padu dan berkerja sama  mencapai tujuan pembangunan nasional. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, diperlukan penyatuan yang dinamakan kemanunggalan antara TNI dan rakyat yang pada hakikatnya senasib seperjuangan  dengan TNI, rela berkorban dalam membela, menegakan dan mempertahankan NKRI,” kata Nixon membacakan sambutan Gubernur.

Dalam sambutan tersebut, Gubernur juga menegaskan, Kemanunggalan TNI rakyat sangat dibutuhkan. Hal ini disadari karena pemerintah selaku pemegang dan pengemban amanat rakyat, tidak dapat berjalan sendiri dalam menjalankan pemerintahan, namun membutuhkan dukungan dari semua kalangan. Dukungan yang dimaksud diarahkan pada  upaya memperkuat dan memajukan desa sebagai struktur pemerintahan terdepan yang berhadapan langsung dengan masyarakat. Desa dianggap harus terus diperkuat melalui pembangunan dan perbaikan fasilitas umum seperti jalan, jembatan, fasilitas pendidikan, sarana ibadah, prasarana kesehatan, pasar, rumah penduduk dan lain sebagainya, dimanapun desa itu berada.

Usai upacara, diakukan penandatanganan kesepakatan  bersama antara Pangdam, Dandim, dan Bupati terkait pelaksanaan TMMD. Dilangsungkan pula penyerahan sembako, atraksi tarian Adat Mongondow,  dilanjutkan dengan peninjauan lokasi TMMD di Desa Tudu Aog Baru, Peletakan Batu Pertama Pembangunan Tiga Pilar, dan penijauan lokasi pelebaran jalan sepanjang 5.000 Meter yang menghubungkan  Tudu Aog Baru dan Desa Kolingangaan.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakapolda Sulawesi Utara, Birgjenpol Refdy Andri, Msi, Forum Pimpinan Daerah, pimpinan Kodim se-Sulut, dan para Bupati se-Bolaang Mongondow Raya. (HMS-Yudi)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *