ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Herman : Hanya Ada 1 Lokasi Pasar Senggol. Jika Ada Yang Lain, Kami Bongkar!

Bagikan Artikel Ini:

ARUSUTARA.COM,KOTAMOBAGU – Sudah menjadi tradisi selama puluhan tahun, tiap kali Ramadhan tiba atau jelang Idul Fitri, kompleks pertokoan di Kotamobagu disibukan dengan pendirian tenda atau lapak jualan. Ini sudah berlangsung turun temurun sejak awal tahun 80-an. Oleh warga Kelurahan Gogagoman selaku warga terdekat, pendirian tenda-tenda dan lapak jualan ini dikelola secara swadaya. Biasanya kelompok pemuda dan pemerintah kelurahan setempat yang bekerjasama melakukan pengelolaan, mulai dari perparkiran, pengelolaan sampah, dan pengamanan. Tenda dan lapak jualan ini dikenal dengan sebutan Pasar Senggol.

Belakangan, di periode tahun 2000-an beberapa kali timbul riak-riak yang dilatar-belakangi ragam kepentingan terkait pengelolaan Pasar Senggol. Riak-riak itu berupa konflik kepentingan yang bukan sekali dua pernah meruncing antara Pemerintah Kotamobagu dan Pemuda Gogagoman atau Panitia Penyelenggara Pasar Senggol dari unsur swadaya masyarakat. Di musim lebaran tahun 2015 dan 2016 kemarin, konflik kepentingan pernah juga terjadi antara panitia lokal dan Pemereintah Kotamobagu, meski pada akhirnya hal itu dapat dimediasi dan kembali berjalan normal.

Pada musim lebaran kali ini, Pemerintah Kotamobagu melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), kepada media menyampaikan keputusan yang diambil pihaknya terkait pelaksanaan tradisi Pasar Senggol. Disampaikan Herman Aray, Kepala Disperindag Kotamobagu, untuk musim lebaran tahun 2017 ini, lokasi pendirian Pasar Senggol akan dirubah.

“Lokasi pelaksanaan Pasar Senggol akan kami geser ke Desa Poyowa Kecil Kecamatan Kotamobagu Selatan,” tegas Herman kepada awak media, arusutara.com di ruang kerjanya, Selasa 30 Mei 2017.

Keputusan ini, lanjut herman, sudah bulat. Karena lokasi di Poyowa Kecil dianggap lebih representatif menampung para pedagang yang akan berjualan nanti. 

Lebih lanjut ditegaskan Herman, pendirian Pasar Senggol hanya ada di satu lokasi yakni di Poyowa Kecil. Jika nantinya ada pendirian Pasar Senggol di lokasi lain, maka Pemerintah Kotamobagu melalui instansi terkait akan membongkarnya.

“Dan perlu saya tegaskan, Pasar Senggol tetap akan kami geser ke Poyowa Kecil dan lokasinya hanya ada satu. Jika ada yang akan didirikan di lokasi lain, maka Pemerintah Kotamobagu melalui instansi terkait akan membongkarnya,” tandas Herman.(Yudi)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *