ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Antusias Warga Kotamobagu Berkreasi Mempersiapkan Tradisi Monuntul

Bagikan Artikel Ini:

ARUSUTARA.COM, KOTAMOBAGU – Tradisi Monuntul, atau malam pasang lampu yang biasa dilaksanakan masyarakat Bolaang Mongondow Raya, termasuk Kotamobagu, jelang 3 hari Idul Fitri, mulai dilaksanakan. Pemerintah Kota Kotamobagu (Pemkot) bahkan melombakan tradisi monuntul ini dengan total hadiaj Rp 37,5 juta.

Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, sehari sebelum pemasangan lampu dimulai, menyempatkan diri berkeliling di wilayah Kotamobagu, memantau antusias warga dalam melestarikan tradisi Monuntul.

“Saya bangga menyaksikan langsung aktivitas warga mempersiapkan  malam monuntul. Mereka begitu antusias dan bahu membahu menghias wilayah mereka masing-masing, terutama yang di lapangan,” kata Wali Kota.

Sementara itu, Adin Mantali, Kabag Kesra Pemkot Kotamobagu, kepada media menyampaikan, Pemkot memang sudah beberapa kali mengagendakan lomba malam monuntul. “Tradisi ini (malam Monuntul) akhirnya dijadikan pula ajang lomba oleh Pemkot,” katanya. Adapun kriteria penilaiannya, menurut Mantili, dititik-beratkan pada kreativitas dan partisipasi masyarakat.

Pantauan ARUSUTARA.COM, sejak siang hari, masyarakat di hampir semua wilayah desa dan kelurahan Kota Kotamobagu, nampak sibuk memberikan sentuhan kreasi dalam menghias lampu tuntul.

Di Matali misalnya, masyarakat membuat kreasi berbentuk lampion dari bola plastik yang di isi bohlam. Namun demikian, lampu botol berbahan minyak tanah yang dipakai sumbu, tetap diadakan karena itu juga masuk dalam kriteria penilaian. Warga juga membuat kreasi rangkaian lampu botol berbahan minyak tanah di tanah lapang dengan formasi unik. (Uwn/Wn/Yudi)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *