ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Diklat PIM III Pemkab Bolmong Digelar

Bagikan Artikel Ini:

ARUSUTARA.COM, BOLMONG – Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow (Sekda Bolmong), Tahlis Galang, Senin 19 Juni 2017, membuka secara resmi kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan (PIM) Tingkat III, bagi pejabat lingkup Pemkab Bolmong.

Disampaikan Tahlis dalam Diklat PIM yang berlangsung di Lolak, Kantor Pemkab Bolmong, dalam sistem manajemen kepegawaian, pejabat struktural eselon III atau pejabat administrator, dituntut dapat memainkan peran terkait kinerja kepemerintahan termasuk dalam menangani isu-isu strategis. “ ASN dituntut berkompeten dalam memainkan peran mulai dari penanganan terkait kinerja lintas kementerian, lembaga, dan lintas wilayah,” kata Tahlis.

Di samping itu, lanjut Tahlis, sudah menjadi tugas pejabat struktural eselon III dalam meningkatkan kinerja di wilayah yang dipimpinnya, “Melalui penetapan visi atau arah kebijakan daerah yang tepat fungsi dan tepat sasaran,”. kata Tahlis.

Ia menambahkan, tugas-tugas tersebut,  menuntut pejabat administrator memiliki kemampuan dalam memimpin pejabat struktural dan fungsional di bawahnya. “Termasuk pemangku kepentingan agar dapat termotivasi mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya pembangunan, kaitannya dalam mewujudkan visi dan misi kepala daerah, dijabarkan ke dalam visi misi setiap instansi masing-masing, untuk kemudian dijabarkan lagi ke dalam program dan kegiatan setiap perangkat daerah,” urainya.

Tahlis juga menjelaskan, dengan kemampuan memimpin untuk perubahan inilah yang kemudian menjadi tolok ukur dalam menentukan keberhasilan, terlebih peserta diklat pim tingkat III. “Dengan demikian, pembaharuan diklat pim tingkat III, ini diharapkan dapat menghasilkan alumni yang tidak hanya memiliki kompetensi, tetapi juga mampu menunjukkan kinerjanya dalam memimpin perubahan.” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Diklat Provinsi Sulawesi Utara, Ir.Jeffry V Senduk, mengatakan, dalam mengikuti diklat dibutuhkan kwalifikasi peserta didik. “Disamping sebagai penjenjangan karir, sekalian dituntut mampu berkerja kreatif dan inovatif,” katanya.

Diketahui, peserta Diklat PIM III kali ini, diikuti 40 peserta dan akan berlangsung selama 60 hari . (Yudi)

 

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *