ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Tinggalkan Sekdakot, Dilantik Jadi Sekda

Bagikan Artikel Ini:

ARUSUTARA.COM, BOLMONG – Kamis 08 Juni 2017, teka-teki siapa yang akhirnya terpilih menduduki jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) definitif Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) terjawab sudah. Berlangsung di pelataran Kantor Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow selaku Bupati Bolmong, melantik Tahlis Galang sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) definitif. 

Mengawali pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Sekda, pada kesempatan sambutan Yasti mengatakan kalau dirinya yakin Tahlis Galang dapat menjalankan amanah yang diberikan dengan  penuh rasa tanggung jawab.

Yasti menekankan, pelantikan Sekda bukanlah hal baru dalam sebuah pemerintahan. Momen tersebut dikatakan Yasti harus dimaknai dari sudut pandang kepentingan organisasi pemerintahan, pembinaan karir bagi ASN (Aparatur Sipil negara), peningkatan kapasitas kelembagaan, dan harus lepas dari pemikiran terkait kepentingan tertentu.

Sebelumnya, Pemkab Bolmong telah membuka dan melaksanakan tahapan seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) untuk jabatan Sekda. Ada beberapa nama yang mendaftar ikut seleksi jabatan tersebut, di antaranya Ramlah Mokodongan (Kepala BApeda), Ulfa Paputungan (Asisten III Bolmong), Chany Wajong (Kepala BPBD), dan Tahlis  Galang (Sekot Kotamobagu).

Kepada Tahlis Galang selaku Sekda yang baru dilantik, Yasti juga menyampaikan agar melakukan berbagai upaya perbaikan serta pembenahan terkait kinerja dari seluruh Organisasi perangkat Daerah (OPD) Pemkab Bolmong. “Khususnya  yang berkaitan dengan penataan dan pengelolaan keuangan, pengawasan internal serta peningkatan semangat dan disiplin seluruh ASN,” kata Yasti.

Diketahui, Tahlis Galang masih sedang menjabat selaku Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Pemerintah Kota Kotamobagu. Ia kemudian tertarik masuk bursa seleksi JPT untuk Sekda Bolmong ketika seleksi itu dibuka dan berhasil mewujudkan keinginannya. Lebih merunut ke belakang lagi, Tahlis sebelumnya sedang pula menjabat selaku Sekda Kabupaten Bolsel. Selanjutnya, saat Pemkot Kotamobagu melakukan seleksi jabatan untuk pengisian Sekdakot, Tahlis juga masuk bursa hingga terpilih menjabat sebagai Sekdakot.

Setelah kepergian Tahlis ke Pemkab Bolmong meninggalkan jabatannya selaku Sekdakot, saat ini terjadi kekosongan untuk jabatan tersebut. Santer berhembus kabar, Adnan Masinae selaku Asisten I Pemkot Kotamobagu, digadang-gadang akan menduduki jabatan yang sudah dilepas Tahlis Galang. (Kon/Yd/Uwn)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *