ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

Wali Kota Pasang Lampu Tuntul

Bagikan Artikel Ini:

ARUSUTARA.COM, KOTAMOBAGU-  Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, memantau langsung dimulainya tradisi Monuntul atau malam pasang lampu yang biasa dilakukan jelang 3 hari raya Idul Fitri. Bersama rombongan jajaran Pemkot Kotamobagu, Tatong Bara mengunjungi Desa dan Kelurahan usai shala Tarawih.

Seperti tahun sebelumnya, tradisi Monuntul kembali dilombakan dengan total hadiah Rp 37,2 Juta. Kriteria penilaiannya meliputi kreativitas dan partisipasi masyarakat dalam Monuntul (menerangi).

Berdasarkan pantauan, lampu-lampu ragam kreasi nampak menghiasi masing-masing wilayah kelurahan mulai dari pintu masuk hingga di lapangan yang biasa dijadikan pusat kreasi tuntul. Di Matali misalnya, masyarakat membuat kreasi berbentuk lampion dari bola plastik yang di isi bohlam. Namun demikian, lampu botol berbahan minyak tanah yang dipakai sumbu, tetap diadakan karena itu juga masuk dalam kriteria penilaian. Warga juga membuat kreasi rangkaian lampu botol berbahan minyak tanah di tanah lapang dengan formasi unik.

Tradisi Monuntul sudah lama dijalankan masyarakat Bolaang Mongondow Raya dimana Kotamobagu adalah bagiannya. Saat ramadhan memasuki hari ke 27, warga mulai memasang lampu di depan rumah masing-masing. Biasanya jumlah lampu disesuaikan dengan jumlah orang di dalam rumah. Awalnya, warga menerangi depan rumah menggunakan lampu minyak memakai sumbu bakar. Sebagian lainnya menggunakan lilin.

Seiring perkembangannya, apalagi ketika tradisi ini mulai dilombakan, penerangan tak hanya dilakukan di depan rumah, melainkan di jalan bahkan membentuk kreasi di tanah lapang sebagai pusat tuntul. Lampu yang digunakan juga tidak sebatas lampu minyak saja, melainkan dari ragam kreasi yang menggunakan lampu listrik berwarna-warni.

Saat memantau tradisi Monuntul Wali Kota menyampaikan, ke depan tradisi Monuntul ini akan terus dikembangkan dan dijadikan objek wisata religi di Kotamobagu. “Apalagi ini menarik perhatian warga tak hanya di Kotamobagu dan menarik kunjungan,” kata Wali Kota.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota juga berkesempatan memasang lampu tuntul sebagai tanda dimulainya lomba dan tradisi Monuntul. (Yudi)

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *