ARUSUTARA.COMKlik Untuk Subscribe Fanpage Resmi Arusutara.com

HUT Sinode GMIBM ke 67, Serukan Solidaritas dan Kerukunan Umat Beragama

Bagikan Artikel Ini:

ARUSUTARA.COM, KOTAMOBAGU – Sabtu 01 Juli 2017, ribuan umat Kristiani menghadiri peringatan HUT Sinode GMIBM (Gereja Masehi Injil di Bolaang Mongondow) ke-67 berlangsung di Lapangan Kotamobagu. Peringatan yang berlangsung semarak itu diawali dengan ibadah, dirangkaikan dengan pengumuman hasil lomba yang diadakan Gereja, meliputi lomba paduan suara, vocaliod group, cerdas cermat Alkitab, dan ragam kegiatan lainnya.

Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, dan WakiL Wali Kota Jainuddin Damopolii, turut hadir dalam perayaan tersebut. Demikian pula sejumlah pejabat teras di antaranya Ketua DPRD Kota Kotamobagu, Ahmad Sabir, Ketua DPRD Bolaang Mongondow, Welty Komaling, Wabup Bolmong, Yanni Tuuk, Sekda Bolsel, dan pimpinan TNI-Polri.

Pada kesempatan sambutan, Pelaksana tugas (Plt) Ketua Sinode GMIBM, Pdt. .Christin Raintama, M.Th, menyerukan solidaritas dan kerukunan antar umat bergama yang selama ini terbangun di Bolaang Mongondow Raya, khsusunya lagi di Kota Kotamobagu. Hal tersebut menurutnya adalah berkat dan anugerah terbesar yang diberikan Tuhan untuk seluruh umat. Diawal sambutan,  Pdt, Raintama turut menyampaikan rasa terima kasih kepada Wali Kota Kotamobagu yang turut mensupport terselenggaranya acara tersebut. Kepada masyarakat Bolaang Mongondow, Ketua Sidone GMIBM menyampaikan pula rasa syukur dan teria kasihnya.

Pra-Ibadah peringatan HUT Sinode GMIBM ke 67 sebenarnya mengalami beberapa kali penundaan sesuai ketetapan. Hal tersebut, kata Pdt.Raintama, semata-mata dilakukan karena rasa solider terhadap umat Muslim yang sedang menjalani ibadah puasa pada bulan Ramadhan. Apalagi sesudah berpuasa, umat Muslim menyongsong hari kemenangan, yakni Hari Raya Idul Fitri. Sehingga dipilihlah Sabtu 01 Juli 2017, hari ini, sebagai hari perayaan HUT Sinode GMIBM ke 67.

Pdt. Raintama juga mengaku bersyukur dan penuh rasa bangga dengan motto hidup yang diwariskan para leluhur Bolaang Mongondow yang dikenal dengan Mototabian, Mototanoban dan Mototompiaan, yakni moto hidup untuk saling mengasihi dan menyayangi, mengingatkan dan merindukan, serta saling berbaik-baikan. “Ini merupakan filosofi hidup bernilai tinggi yang harus senantiasa kita jaga sebagai rahmat,” kata Raintama.

Wujud syukur, solidaritas dan kerukunan antar umat bergama terus diganungkan Pdt. Raintama dalam pidatonya. Kepada segenap elemen masyarakat Bolaang Mongondow Raya, tak henti-hentinya Pdt.Raintama menyampaikan rasa syukur atas perhatian, kerjasama, dan kepedulian yang selama ini terbina dengan Sinode GMIBM.

Peringatan HUT Sinode GMIBM, kian semarak dengan menghadirkan kelompok seni budaya melalui pertunjukan tarian tradisional setempat. Pertunjukan kelompok musik kolintang dan musik bambu, makin menyemarakan suasana.

Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, pada kesempatan sambutan, ikut menitik-beratkan soal solidaritas dan kerukunan umat bergama di Kotamobagu dan Bolaang Mongondow Raya pada umumnya. Dikatakan Wali Kota, perjalanan panjanh selama 67 tahun sejak berdirinya GMIBM, memilik rentetan makna yang mendalam. Apalagi dalam kurun waktu tersebut, telah dihiasa ragam aktivitas mulai dari pembinaan, pelayanan umat, maupun peningkatan kesejahteraan umat dan masyarakat pada umumnya. “Termasuk kontirbusi dalam memabngun kerukunan beragama melaluim komitmen mewujudkan kebersamaan, persaudaraan, dan persatuan,” kata Wali Kota.

Ia juga menghimbau kepada jemaat GMIBM untuk terus mensyukuri berkat dan penyertaan Tuhan selama ini baik dalam kehidupan pelayanan umat maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Gereja Masehi Injili di Bolaang Mongondow (GMIBM) adalah salah  Gerje beraliran  Protestan di Indonesia  yang bermula di Bolaang Mongondow – Sulawesi Utara. Merupakan anggota Persekutuan Gereje-gereja di Indonesia yang beridir pada tanggal 28 Juni 1950.

Saat kedatangan para Zending dari Eropa sejak tahun 1904, dimulailah Penginjilan di Bolaang Mongondow.  Para Zending ini dibantu oleh dua orang pribumi yaitu A.Tumewu an Th.Pangkei. Saat  Sinode GMIBM terbentuk, Pdt. P.M. Kolopita adalah Ketua Sinode GMIBM pertama-kalinya. Saat ini kepengurusan Sinode GMIBM adalah sebagai berikut; Ketua : Pdt. Christina Noula Raintama-Pangulimang, M.Th, Wakil Ketua : Pdt. J. K. Rumondor, S.Th, Sekretaris: Pdt.F. Kamasaan, S.Th, Wakil Sekretaris : Pdt.M.S.M. Wenno-Pelealu, M.Th, dan Bendahara : Pnt. Suryono Wijoyo. (Uwin)

 

Bagikan Artikel Ini:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *