Arusutara.com adalah media online dengan konten beragam. Situs ini berada dalam naungan PT Rimba Kota Media. Selain berisi ragam artikel dan berita yang dibuat langsung oleh awak Arusutara.com, situs ini juga menerima tulisan kiriman dari warga baik dalam bentuk artikel (opini) maupun berita yang tentunya kami memiliki hak untuk mengeditnya.

Semua tulisan, berita, foto, dan konten di arusutara.com bebas dinikmati pembaca. Adapun ketentuan khusus adalah sebagai berikut:

  • Setiap tulisan, berita, dan konten yang dibuat langsung oleh awak arusutara.com, adalah Hak cipta arusutara.com.
  • Setiap tulisan, berita, dan konten yang dibuat warga (citizen jurnalis) kemudian dikirimkan dan dimuat Arusutara.com, menjadi hak milik si pengirim. Arusutara.com hanya memiliki hak untuk menayangkannya dan tidak bertanggung jawab atas isi tulisan atau berita tersebut.
  • Kami memperkenankan penyebaran karya arusutara.com di tempat lain selagi itu menyebut nama penulis dan memuat sumber dari arusutara.com.
  • Arusutra.com sengaja didirikan sebagai tempat singgah, rehat, ngerumpi, dan teman ngopi dari hiruk-pikuknya informasi.

Sangkalan dan Tanggung Jawab

1. Arusutara.com senantiasa berusaha menyajikan data dan informasi seakurat mungkin, dan memberikan jaminan atas mutu dan kelengkapan materi yang disajikan situs ini, dalam bentuk: berita, artikel, kiat, informasi, iklan, data, gambar, foto dan logo. Namun jika dianggap perlu Arusutara.com sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan dapat meralat atau mencabut materi yang disajikan.

2. Sesudah diadakannya ralat, Arusutara.com tidak bertanggung jawab akibat dampak yang timbul dari penggunaan materi oleh pengguna situs atau pencabutan materi sebagaimana disebutkan.

3. Jika ada kesalahan dalam penulisan artikel atau berita, data, dan informasi, Arusutara.com dapat merubah/meralatnya.

4. Apabila ada kesalahan dalam penulisan atau penyajian berita terhadap sumber yang merasa dirugikan, maka Arusutara.com menyediakan Hak Jawab kepada sumber dan akan memuat Hak Jawab tersebut.

Juralisme warga (Citizen Journalis)

1. Jurnalisme Warga adalah kegiatan warga dalam mengumpulkan, mengolah, melaporkan dan menyebarluaskan informasi, kejadian atau peristiwa.

2. Jurnalisme warga dilakukan atas dasar keinginan pribadi dan hasilnya dipublikasikan, tanpa melibatkan Arusutara.com sebagai media yang digunakan dalam menyebar-luaskan informasi.

3. Setiap materi berita dan opini yang dikirimkan warga bukan merupakan tanggungjawab Arusutara.com, sesuai yang diatur dalam Pedoman Penggunaan Media Siber.

4. Setiap materi berita dan opini yang dikirimkan warga bukan merupakan tanggungjawab Arusutara.com

5. Arusutara.com berhak untuk tidak menayangkan, menayangkan, mengubah dan menambahkan materi berita yang dikirimkan warga sesuai dengan kebutuhan Arusutara.com.

6. Arusutara.com dibebaskan dari segala tuntutan dan pertanggung-jawaban atas segala tindakan terkait jurnalisme warga yang dilakukan oleh orang atau pihak luar yang mengatasnamakan Arusutara.com.
Jika diperlukan, ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu. Pengunjung Arusutara.com disarankan untuk memeriksa halaman ini secara berkala agar perubahannya dapat diketahui.